penelitian buat TA

bismillah

2 bulan terakhir kesibukan gw yah seperti biasanya, ngerjain TA (yang semoga bulan ini selesai), les arab (yang bentar lagi selese, bisa lanjut ga ya??), kuliah (yang semakin ga jelas), penelitian di rumah sakit (ini berhubungan ma TA gw), nah hal terakhir ini yang pengen gw ceritain

alkisah di suatu hari di bulan februari, gw berbekal surat keterangan survey dari fakultas pergi ke sebuah rumah sakit besar di kawasan salemba. tujuan gw ke sana mau wawancara buat landasan teori TA gw. tadinya gw disaranin ma PA gw, ga usah jauh2 nyari datanya di GKFM aja, tapi sayang sodara2, di GKFM ga ada klinik gizinya & dokter di sana merujuk gw ke rumah sakit “itu”. oiya lupa, sebenernya, gw benci banget ma yang namanya rumah sakit. ga tau kenapa, menurut gw rumah sakit itu bisa menyerap kebahagiaan hidup (kecuali rumah sakit bersalin ya….:P) & yang ada di sana orangnya sedih semua. terus gw takut ketularan penyakit yang macem2 itu, yang namanya rumah sakit pasti tempat berkumpulnya penyakit kan.

so, akhirnya gw paksain juga kesana, mengingat lulus kuliah lebih penting dari takut rumah sakit. pas nyampe di sana, gw tanya satpamnya “pak, instalasi gizi di mana ya??”, dia jawab “di lantai 3”, “makasih pak”. terus gw naek, ke lantai 3 & setelah beberapa kali mondar mandir di lorong (pastinya dengan diliatin banyak orang) gw ketemu juga ruangannya. gw disuruh ketemu langsung ma ahli gizinya, & you know what, ruangannya tuh di ujung rumah sakit, di paling belakang, deket dapur, deket kali, deket instalasi pembuangan sampah. jauh banget dah….akhirnya gw ketemu ma ahli gizinya & mereka welcome aja tuh. awal yang bagus, tapi akhir yang buruk😦.

gw diminta buat surat pengatar dari fakultas buat kepala rumah sakit tersebut & tembusan. nah, ini dia pertama kalinya gw tau ada yang namanya “tembusan”. setelah surat jadi, langsung gw kasih ke sekretariatnya, buat kepala rs. pas gw ke ahli gizi buat wawancara, gw ditanya, mana tembusannya, gw bilang suratnya cuma 1, & itu udah gw kasih ke kepala RS. yah, mereka ga mau. udah gitu, ternyata mereka cuma melayani gizi buat orang sakit, padahal sistem yang gw buat, buat orang sehat yang mau diet. salah sasaran. terus gw diminta ke bagian diklat. ternyata proposal yang gw bikin salah. ga ada inform consent & ethical clearance. ya iyalah, wong gw taunya bikin proposal buat proyek. udah gitu dia njelek2in fakultas gw secara ga langsung. & banding2 in dengan fakultas sebelah (fakultas sosial pastinya, yang kerjaanya bikin proposal). ya udah, gw bikin aja proposal sesuai ma yang dia minta. pas tanya ke PA, karena gw ga tau ethical clearance & inform consent itu apa, dia bilang ethical clearance itu cuma buat orang kesehatan yang mau penelitian langsung ke pasien, & gw ga perlu bikin soalnya gw orang komputer. ya udah, gw cuma tambahin inform consent aja. nah, yang baru gw tau ternyata kalo mau penelitian di rumah sakit tersebut, harus bayar sesuai dengan jenjang pendidikan. pas gw liat di proposal lainnya yang ditolak, bayarya ga tanggung2, sekitar 150-200 ribu. males banget, cuma minta data sebentar aja disuruh bayar, sebenernya ga usah wawancara juga bisa. datanya dari internet pastinya. tapi wawancara berfungsi buat validasi data.

ya udah, akhirnya gw ga balik2 ke sana lagi, cari rumah sakit yang gratis buat penelitian….& alhamdulillah ketemu…

wassalam

Categories: Uncategorized | 1 Comment

Post navigation

One thought on “penelitian buat TA

  1. Di mana Mal yg gratis?
    RS UKI?
    RS Bunda Margonda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: