10 hal yang pantang dilakukan di cina

bismillah

disadur dari : http://www.dummies.com/WileyCDA/DummiesArticle/Ten-Things-Never-to-Do-in-China.id-3236.html

1. jangan pernah menerima pujian sepenuh hati

biasanya jika kita memuji orang cina, misalnya pada kasus betapa enaknya makanan yang dimasaknya, biasanya orang tersebut malah akan bilang “ah…tidak, masakan ini tidak enak sama sekali”. intinya orang cina semakin dipuji malah akan semakin merendah (beda banget sama saya, kalo dipuji malah bilang “alhamdulillah, ya iya lah😀 “) . tradisi mereka mengajarkan untuk selalu bersikap sederhana & sopan tanpa memperlihatkan kelebihan mereka

2. jangan pernah mempermalukan orang lain (yang ini mah ga usah di cina juga emang harus … 😉 )

jangan pernah membuka aib seseorang di depan orang lain (apalagi di depan orang banyak),sebaliknya pujilah mereka disetiap kesempatan. maka mereka akan menghargai anda (kalo dipuji malah merendah..gimana sih.. )

3. jangan pernah bertengkar di depan umum (sama kaya’ no 2…ya iyalah…..)

4. jangan pernah memanggil orang dengan nama pertamanya

nama orang cina biasanya terdiri dari 2 suku kata, nama pertama dan nama keluarga. biasanya nama keluarga diletakkan paling depan. jika seseorang memperkenalkan dirinya sebagai Mr. Li Ming, maka sebaiknya kita memanggilnya Mr. Li, karena ini adalah nama keluarganya.

5. jangan pernah mengambil makanan dengan ujung sumpit yang salah (gimana si…masa’ ga bisa bedain…. 😛 , mending pake sendok+ garpu aja kalo ragu2, ato skalian pake tangan)

bisa diliat di gambar di bawah, kalo ujungnya aja udah beda…jadi jangan sampai salah ya ..

ini ada link ttg bagaimana menggunakan sumpit yang benar : http://eatlittlesaigon.com/joomla/index.php?option=com_content&task=view&id=34

6. jangan pernah minum alkohol tanpa menawarkannya terlebih dahulu (yang ini mah kayakna ga mungkin salah d….wong soda aja ga minum…palagi alkohol 🙄 )

7. jangan pernah membiarkan sesorang membayarkan tagihan anda tanpa anda menolaknya terlebih dahulu (ini yang syusah…rejeki ko’ ditolak…)

biasanya orang cina berebutan untuk saling membayar tagihan pada saat mereka selesai makan.

8. jangan pernah membawa “tangan kosong” jika anda berkunjung ke rumah orang lain

kebiasaan orang cina adalah sering memberikan hadiah untuk orang lain, tanpa memerdulikan saat2 spesial. jadi biasakan anda untuk membawa “hadiah kecil” kemanapun anda pergi, karena anda tidak tau siapa yang akan anda temui (haduh…susah banget si…mo ngomongnya..)

9. jangan pernah langsung menerima makanan, minuman & hadiah, tanpa terlebih dulu menolaknya (alias malu2 kuching….)

karena orang cina akan menganggap orang tersebut tamak alias rakus, jika langsung menerima tawaran dari orang lain, betapa inginnya barang tersebut

10. jangan pernah menganggap serius jika ada orang cina berkata “tidak, terimakasih” untuk pertama kali

karena kata2 tersebut adalah kata2 yang pasti mereka ucapkan jika ditawarkan sesuatu betapapun mereka menginginkannya. jadi biasakan untuk menawarkan hal (makanan, minuman, dll) kepada mereka lebih dari 2 kali meskipun mereka tetap berkata “tidak, terimakasih”

wassalam

Categories: belajar mandarin | Tags: , , , , , , , , , | 5 Comments

Post navigation

5 thoughts on “10 hal yang pantang dilakukan di cina

  1. wal

    hahahahaa….

    agak ribet gitu yah

  2. Dhew

    C0wk Q org cina. Pantes sering berantem, ribet kebiasaan dia😀

  3. desi

    wkwk…nali..nali

  4. russy

    <3*CA*Šîþ*CA*<3(y)ƻίίƥ(y),,,,, salut ma ☺яåήĞ china, coba indonesia memiliki suasana atau nuansa seperti ∂ï negara" tetangga. Tapi harus bersyukur lah, walau ∂ï dunia ini serba kurang. Karena Tak Άϑå Ўa♌ğ tak mungkin,,, ☺Ќξ ☺Ќξ ☺Ќξ <3*CA*Šîþ*CA*<3(y)ƻίίƥ(y)

  5. Angel

    min, niatan awal gw pertama kali baca blog ini karena gw abis berantem hebat sama cowo gw yg cina tulen. gw juga org cina. sayang, gw udah generasi ke empat. itu pun udh campuran dari manado, palembang, dan german. jd, buat gw budaya cina yang aneh2 gw udh ga tau.
    gw berantem hanya krn gini, adenya cowonya gw nawarin minum. trs, langsung gw terima dan lo tau cowo gw langsung nyeramahin gw. makanya, gw googling. gw penasaran dengan point nomor 9. ternyata bener. makasih ya, min buat blognya. tp, gw masih ga make sense buat gw.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: