belanja di indomaret

bismillah

pengalaman pas mudik kemaren : ati2 buat yang sering belanja di indomaret-alfamart-&pasar modern lainnya ato tempat2 dimana harga barang ga ditempel langsung, tapi cuma di taro di rak & bayarnya ga langsung di tempat, soalnya kadang2 harga yang ditempel di rak ga’ sama dengan harga yang muncul di kasir.

begini ceritanya……

sebenernya gw udah lama denger2 gosip kalo sering banget di ‘tempat2′ itu sering ada pelanggan yang ketipu sama harga barangnya, yang di rak 100 pas masuk di kasir jadi 500, misalnya. awalnya gw ga percaya. padahal gw sering banget ngerasa kalo harga pas masuk kasir berubah, biasanya sih gw mikirnya gw salah liat. tapi ko’ sering ya salah liatnya….. akhirnya kemaren, pas belanja aqua di indomaret deket rumah nenek gw yang nun jauh di sana, harga yang tertera di rak 1450, eh pas nyampe di kasir jadi 1500. nah, nyokap gw protes dong, terus nanya ke mba2’nya..”lho, ko jadi 1500 mba, bukannya di rak 1450??” trus mbak kasirnya jawab “oo…itu yang di rak salah bu…” deeeng…. dalem hati gw *kalo salah diganti dong jeng….pegimane sih….* kebetulan gw beli aquanya lumayan banyak, jadi keliatan beda harganya… akhirnya, ya udah lah….wong cuma 50 perak dikali jumlah aqua….daripada ribut (lumayan tuh, bisa buat nambah2 beli ini ). nah, kejadian selanjutnya, masih di indomaret, tapi bukan di indomaret yang sama, tapi masih di deket rumah nenek gw juga yang nun jauh di sana. gw disuruh beli teh sariwangi kotak. dari awal, gw udah niatin. pokoknya gw harus apalin semua harga barang yang mau gw beli nanti. kebetulan gw ga cuma beli sariwangi, tapi juga beli barang2 lain kaya minuman kaleng, tisu, dll. pas mau bayar, gw perhatiin tu’ harga yang muncul pas barang yang gw beli di scan……harga sariwangi yang di rak 3900an muncul di layarnya ko’ jadi 6000 jeng..jeng….trus gw bilang ke mbaknya “mbak, ko harganya jadi 6000.bukannya di rak 3900an??” trus mbaknya ngecek ke rak … & ternyata gw bener. trus, tampang mbak2nya langsung jadi jutek gitu, soalnya kan dia harus ngerubah harga yang udah masuk ke sistemnya dia. eh, udah gitu gw ga dikasih bon-nya lagi  .

pokoke…. sekarang gw harus lebih ati2 lagi kalo belanja bukan di pasar, ato warung yang ga langsung bayar di depan yang yang punya… harus bener2 ngapalin harga yang ada di rak. kalo perlu di poto pake kamera hp, harga barang2 yang dibeli, pas masih di raknya. syukur2 pas masuk ke kasir jadi lebih murah *kalo yang ini gw jamin, gw ga bakalan protes *

wassalam

~sekalian…mohon maaf lahir batin ya semuanya

Categories: do you know | Tags: , , | 15 Comments

Post navigation

15 thoughts on “belanja di indomaret

  1. havban

    hm.. gimana ya. short term memory w jelek niy..😦

  2. viku41

    alternatipnya, setiap kali pergi selalu bawa notes+pulpen buat nyatet ato bawa hape yang ada kameranya

  3. rabindra

    atau bawa orang lain buat ngingetin..😀

  4. Bawa handycam, jadi kamera tersembunyi.
    Liat barang yang kira-kira harganya palsu.
    Pas di kasir beda harganya, langsung ngomong keras-keras, “Mba kok beda harga ama di rak?!”
    Mbanya, nyocokin harga, “Oh iya, maaf salah.”

    Ulangi setiap hari, agar rekamannya banyak, trus upload di youtube.

    ~KaloNiat:p

  5. itu mah emang karyawannya aja yang ga pada bener kerjanye, maklum abis tempatnye nan jauh dimane tuh jadi mungkin kurang perhatian dari atasnye jadi mereka seenak2nye aje deh,
    padahal kan kalo emang ada harga yg berubah juga pasti ketauan tiap hari tapi tuh die pade males ato apalah jadi pricetag diraknya ga diganti ato apalah???????

  6. viku41

    @toets

    ga tau juga ya jeng..pokoke sekarang mah saya bener2 kudu ati2 kalo belanja di “tempat2” kaya gitu..even di jakarta, saya sering denger komplain pembeli juga pas saya lagi mbayar di kasir

    soalnya mindset kita udah berpikir kalo harga yang kita bayar pasti sama dengan yang di rak & pasti murah (karena slogan mereka kan biasanya ada kata2 “murah” ato “hemat”)

  7. hendrix

    kayanya ga semua toko retail deh kaya gitu soal nya dari cerit nya khan yang ngomong salah tu khan pegawainya.jadi kemungkinan besar itu salah / khilafnya itu karyawan.

  8. ineva_OK

    tul tu smua…

    kmrn ana beli tissue tercantum 3500 eh… dikasir jd… 7000

    Carrefour

  9. me"

    buat semua konsumen INDOMARET harap berhati-hati jika membeli buku… karna saya membeli buku ada beberapa halaman yang tidak ada!!! ketika saya komplain untuk mndapatkan yang lengkap semua halamannya banyak dalih yang mereka keluarkan… inilah…itulah… saya SANGAT TIDAK PUAS dengan PELAYANAN di INDOMARET!!!! JADI BUAT SEMUA YANG MU BELI APAPUN HARAP DI CEK DULU!!! ga usah peduliin lah boleh di buka atau tidak… toh para pegawainya pun seringkali membuka segel dan menempelnya kembali dengan solasi…

  10. very angry customer

    gw seakan konsumen yang setia sekaligus konsumen biang reseh….dah yang kesekian kali permasalahan harga yang beda di rak ma dikasir itu terulang.berarti kalo kejadian ini terjadi di tempat lain bukan berarti salah dari karyawannya…tapi management mereka.emang si bedanya mungkin cuma beda 500an perak, tapi kalo beberapa brg kaya gtu gw kn bisa beli barang yang lain!!!tapi yang gw sesalkan mereka ada pasang komitmen yang tiap berapa bulan ganti.
    GRATIS PEPSI(atau kalo sekarang lagi GRATIS 1kg GULA PASIR/5 buah INDOMIE)JIKA:
    1. harga yang tertera dirak dgn kasir berbeda(membayar yang lebuh murah)
    2. Tidak mendapat struk belanja
    3. Pegawai tidak bilang terima kasih
    nah komitmen ini sering ga mau diterapin ma mereka.kalo ada kesalahan harga dibilang memang belum diganti, kalo struk ga dikasih dibilangnya kertasnya ga mau keluar…..KITA KAN HANYA MENUNTUT KOMITMEN YANG SUDAH DIBERIKAN MEREKA, BUKAN UNTUK MENDENGARKAN PERMASALAHAN YANG TERJADI.NAMANYA KONSUMEN MAUNYA KAN DAPAT SERVICE EXCELLENT!!!!!!!

  11. Mugi

    sebagai karyawan Indomaret saya mohon maaf atas kejadian seperti diatas.. Dengan adanya kejadian di atas jangan sampai membuat kapok para pelanggan indomaret karena sebagian besar indomaret sudah menyediakan solusinya diantaranya :
    1. Penyediaan Stock uang koin terutama 25,50,100 dan
    500
    2. Konsumen bisa membayar dengan IDM Card lebih praktis dan tidak direpotkan dengan pembulatan2 dan permen. mumpung masih Gratiss cuma Top_up nya aja. Dan hasil top_up tersebut bisa dibelanjakan di semua Indomaret.
    3. Atau dengan Kartu debit yang lain atau dengan kartu kredit.

    • viku41

      wah, mas mugi, terimakasih atas niat baiknya memberikan penjelasan

      tapi disini masalahnya, harga yang tertera di rak sama pas di scan di kasir beda mas…

      kira2 ada solusinya?

      • Kalau menemukan hal seperti itu seharusnya toko Indomaret di tempat mbak belanja, memberlakukan Harga yang terendah/termurah untuk di jadikan sebagai harga jual. seperti di toko Indomaret tempat kami bekerja. IDM Tungturunan

  12. indah

    Bo’ong indomaret juga pake cara licik,salah naroh harga. pas kita nyampe di kasir eh harganya jadi bertambah 10.000 rupiah. Pas komplain, bukannya minta maaf malah seperti mau mempermalukan customer.

    Dengan enteng jawabnya iya, memang harganya segitu, mungkin tadi ada yang pembeli salah taroh dengan sikap jutek. Eh??? bo’ong aja padahal udah kuliat, ga mungkin bisa salah taroh krn memang tempatnya pas banget.

    Ga tau karyawan indomaret yang salah, ceroboh naroh harga atau memang permainan licik dari indomaret sendiri.

    Mau dicancel? ehmm, terus ku jalan n liat lagi tag harga itu, udah ga apa-apa itu aja, mbak.

    Eh, dia-nya ngegerutu, ya… udah dicancel lagi!!
    Mang napa ga boleh? Hah? Elu yang salah naroh harga aja ga apa-apa, mang ga boleh kalo gua jadi beli tuh barang? Mang program di komputer indomaret begitu gembelnya? Begitu gampang aja ngeluh. Gua aja ga ngeluh yang ditipu harga ma elu!!

    Memang ga semua karyawan indomaret kaya gitu mungkin yang ini ga lulus training kali atau udah jadi karyawan lama jadi sikapnya kaya gitu.
    Kalau harga salah sudah sepantasnya minta maaf sama customer bukannya bersikap gitu.

    Gimana nih ga ada perlindungan hak konsumen di indomaret.

    PS. indomaretnya di daerah tangerang

    • viku41

      ya..ini mah harus konsumennya yang lapang dada….

      ga di semua tempat punya moto “konsumen adalah raja”😀

      ya, ga ada salahnya kita lebih teliti, toh kalo lebih teliti ga akan rugi

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

