MacBook[yang katanya baru]

bismillah

sumber : http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/179790/

Desain,Teknologi,dan Daya Tarik Baru

Tuesday, 21 October 2008
ImageSERBA ALUMUNIUM : Varian MacBook (kiri) dan MacBook Pro saat dipamerkan perdana di California, Amerika Serikat, belum lama ini.

RAS baru MacBook telah lahir.Minggu lalu, Apple Inc merilis varian MacBook terbaru, lengkap dengan sederet teknologi paling gres. Apa saja keunggulannya? Setahun setelah MacBook beredar,Apple Inc sudah tak sabar menyiapkan penyegaran.

MacBook dan MacBook Pro terbaru kini hadir lebih elegan, lebih canggih, dan lebih menggoda. Godaan pertama datang dari tampilan luar.MacBook 13,3” itu tidak lagi berwarna putih. Sasisnya sudah dibingkai aluminium aircraft gradeyang lebih ”menyilaukan”. Menariknya, bungkus aluminium itu dibuat dengan teknik Brick,menjanjikan badan utuh dan lebih kokoh. Apple melakukan proses manufacturing dengan CNC (computer numerical control).

Proses produksi seperti itu biasa digunakan untuk mencetak bodi pesawat agar lebih presisi. Dengan sistem CNC, blok aluminium setebal 2 inci dimasukkan dalam laser cut, membentuk sebuah bodi nyaris tanpa sambungan. Apple menyebutnya dengan unibody. ”Ketika MacBook dilihat dan disentuh,kesan pertama adalah tipis dan lebih ringan,tampak semakin mengkilap, dan terasa lebih kuat,” kata CEO Apple Inc Steve Jobs.

Godaan lain adalah keyboard warna gelap dengan gaya ala Mac- Book Air.Warna hitam itu didesain untuk menyesuaikan trimming layar yang juga sudah ”menghitam”.Keypadboleh gelap, tapi peranti ini mampu menyala terang (illuminated) secara otomatis ketika ruangan mulai minim cahaya. Mana tombol kliknya? Bukan Apple kalau tidak punya inovasi baru. Tombol klik terintegrasi dengan trackpad yang terbuat dari kaca. Tekan trackpad di mana saja, sudah berarti menekan tombol klik.

Tidak adanya pembatas memberikan ”ruang” 39% lebih banyak untuk jari menari-nari di permukaan trackpadkaca. Gesture Multi-touch juga sudah dimiliki MacBook,yang berarti semua perintah ada di jari kita. Gunakan dua jari untuk scroll naik dan turun, serta zoom in (memperbesar) dan zoom out (memperkecil).Tiga jari untuk pindah halaman,dan memutar (rotate) gambar.Yang baru, gunakan empat jari untuk membuka aplikasi tertentu. Godaan selanjutnya adalah terangnya LCD.

Layar MacBook kini menggunakan LED untuk mendapatkan gambar lebih terang. Dengan LED, pencahayaan layar tak lagi diperoleh dari gas merkuri,fosfor, dan arsenik.Tentu saja,teknologi ini lebih ramah lingkungan. Layar MacBook terbaru ini makin mengkilap dengan resolusi 1.280 x 800, terkurung oleh border hitam dan kaca, persis iMac.Bagian belakangnya menghadirkan akses ke harddisk,juga baterai yang bisa dilepaskan.Semua tampilan baru itu disempurnakan dengan sleep and battery indicatoryang terletak di samping.

Yang membuat MacBook semakin menarik adalah pemakaian NVIDIA GeForce 9400M. Meskipun berjenis shareVGA, resolusi dan ketajaman grafis MacBook baru tidak kalah dengan grafis Intel Integrated. ”On boardVGA ini dipastikan lima kali lebih cepat dari VGA tercanggih sekalipun .Grafis hibrida NVIDIA itu didukung memori 2GB dan harddisk 160 GB untuk mendapatkan gambar dan performa gaming luar biasa,” kata Jobs.

Fasilitas lainnya mencakup sebuah SuperDrive, Airport Extreme 802.11n wireless networking dan kamera iSight built-in. MacBook juga dilengkapi sejumlah port ekspansi di bagian sisi,yaitu konektor daya Magsafe,Gigabit Ethernet, dua port USB, Mini DisplayPort untuk tampilan eksternal, audio in dan out (analog dan optical digital), dan slot ekspansi ExpressCard 34.

Yang absen adalah port FireWire 800. Dijual USD1299 (Rp12,6 juta) di AS, MacBook dipersenjatai oleh prosesor Intel Core 2 Duo 2GHz, RAM 2GB, dan harddisk 160GB. Kedua versi ini bisa diupgrade sampai maksimal 4 GB RAM, harddisk250 GB 5400 rpm atau 320 GB 5400 rpm dan SSD 128 GB. Sementara model MacBook yang berwarna putih diturunkan harganya menjadi USD999 (Rp9,6 juta) dengan kelengkapan prosesor Intel Core 2 Duo 2,1GHz, harddisk 120 GB, dan SuperDrive 8X.

Kapan masuk Indonesia dan berapa harganya? Menurut Adinoto Abdul Kadir, Konsultan Teknologi Informasi,MacBook baru ini akan hadir akhir minggu ini dan awal minggud epan.”Biasanya,barang yang tersedia bersifat limited. Hanya orang orang tertentu yang berhak mendapatkannya,”[*maksut loh…… ]  sebutnya.Menurut Adinoto,Mac- Book baru itu mungkin akan dihargai USD150 lebih mahal dari versi Amerika.

Jadi kira-kira,harga MacBook baru kemungkinan di kisaran USD1449 (sekitar Rp14,5 juta) untuk versi pertama dan USD1749 (sekitar Rp17,5 juta) untuk versi lebih tinggi. ”Memang lebih mahal,tetapi dengan MacBook yang baru ini, kita sudah mendapat value sepertiMacBookPro versi tahunlalu,”sebut Adinoto.(donny apriliananda)

wassalam

~ada yang mau beliin buat gw

Categories: computer and technology | Tags: , | 5 Comments

Post navigation

5 thoughts on “MacBook[yang katanya baru]

  1. donny apriliananda

    maksudnya, beberapa unit yang baru datang itu nggak akan dijual dulu di pasar. DIstributor akan memilah siapa yang boleh membelinya. Sabar, sebentar lagi pasti sudah bisa dibeli di pasaran. Hehehehe.

    Salam,
    Yang nulis artikel.

  2. viku41

    hoo…gitu toh..kira2 berdasarkan apa yah??pemilihan orang yang boleh beli itu…😀

  3. irma

    kemaren gw ke pim, udah ada, harganya 16,7 juta kata mas-masnya.. duuh mauuuuu

  4. viku41

    @irma

    wadaw….mahal banget😦 mungkin karena dollar lagi naek kali ya…

  5. Pingback: Inilah Notebook Tertipis, Paling Ringan dengan SSD Terbesar « haru biru hari-hari ku….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: