Inilah Notebook Tertipis, Paling Ringan dengan SSD Terbesar

bismillah

dari : http://tekno.kompas.com/read/xml/2008/11/28/12124927/Inilah.Notebook.Tertipis..Paling.Ringan.dengan.SSD.Terbesar.

Dilengkapi DVD drive tertipis, 7mm

Jumat, 28 November 2008 | 12:12 WIB

JAKARTA, JUMAT – Nama Toshiba memang kondang sebagai produsen notebook berkualitas. Selain itu perusahaan asal Jepang yang sudah mengapalkan lebih dari 60 juta unit noteboik ini juga terkenal suka membenamkan fasilitas berpredikat ‘ter’ atau ‘pertama’ di produk-produknya. Misalnya yang pertama mengemaskan TV tuner pada notebook.

Kali ini pun predikat ‘ter’ yang lain kembali disandangkan Toshiba pada produk terbarunya. Ya, Portege R600 yang memiliki layar LED backlit 12,1″ transflective itu diklaim Toshiba sebagai notebook tertipis, yang pertama datang dengan SSD (solid state disk) berkapasitas 128GB, dan juga yang paling ringan di dunia saat ini. ‘Bobotnya hanya 979 gram,” kata David Woon (Senior Specialist Product Marketing, South & Southeast Asia, Computer Systems Division, Toshiba Singapore Pte. Ltd.) bangga. Padahal notebook tersebut berfasilitas lengkap, antara lain WLAN, Bluetooth 2.1 + EDR, dan Gigabit Ethernet. Selain itu terpasang juga sebuah DVD SuperMulti Drive 7mm. DVD drive tertipis yang ada saat ini, ungkap David.

Tersedia dalam warna titanium silver, notebook yang casing-nya terbuat dari magnesium sehingga kuat itu masih dibekali beberapa kelebihan lain khas Toshiba. Yang pertama adalah teknologi EasyGuard. “Jika notebook-nya jatuh, harddisk tidak akan rusak sehingga data tetap aman,” kata David sambil memutarkan klip video yang menunjukkan sebuah notebook dijatuhkan ke lantai baja dari ketinggian 76,2cm dan tetap bisa berfungsi baik saat dinyalakan.

Kelebihan kedua adalah keyboard yang tahan tumpahan cairan (spill resistant). Maksudnya, jika secara tidak sengaja Anda menumpahkan kopi atau cairan lain ke permukaan keyboard R600, bahkan sampai sebanyak 100ml, keyboard dan notebook tidak akan rusak asalkan tiga menit setelah kena tumpahan tersebut Anda mematikan notebook. Waktu 3 menit itu dianggap cukup untuk mematikan notebook agar notebook tidak rusak dan data yang ada pun tetap aman. “Walaupun mungkin bisa lebih dari tiga menit, Toshiba tidak merekomendasikannya,” kata David tentang notebook yang memamerkan sistem pengaman sidik jari (fingerprint reader).

Sebagai tambahan perlindungan dikemaskan pula PC Health Monitor yang akan menginformasikan status komponen di dalam notebook: harddisk, daya batere, suhu CPU, sistem cooling warning.

Bagaimana dengan daya tahan batere? Menurut David, karena mengemaskan SSD sebagai pengganti harddisk, daya tahan batere Portege R600 ini sangat awet. “Bisa mencapai 9 – 10 jam,” ungkapnya.

Menilik beberapa kelebihannya, mungkin tidak mengherankan jika harga notebook berprosesor Intel Centrino 2 dengan teknologi VPro dan sistem operasi Windows Vista Business Edition itu dipatok jauh di atas rata-rata, yakni Rp 46 juta . “Optical disk drive tertipis (7mm), harganya mahal. Begitu juga SSD dengan kapasitas terbesar, 128GB, mahal harganya,” kilah Gunawan Nugroho (President Director, PT Techking Enterprises Indonesia). Karena itulah notebook dengan RAM DDR2 maksimal 3MB dan digaransi secara internasional selama 3 tahun (termasuk suku cadang dan 1 tahun untuk batere) ini tidak ditargetkan pada konsumen biasa. Sasarannya adalah profesional papan atas dengan mobilitas tinggi.

Wiwiek Juwono

bandingin sama Mac Book Pro

wassalam

~takut patah…

~bisa buat kipas2 tuh…

Categories: computer and technology, do you know | Tags: , , , , , , , , | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Inilah Notebook Tertipis, Paling Ringan dengan SSD Terbesar

  1. mobilitas tinggi, tapi power terbatas ?
    buat main frisbee aja ah

    xD

  2. viku41

    @andre..
    kalo gw mendingan buat kipas2 pas naek krl
    bogor-jkt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: