Kempiskan Perut Dengan Latihan Sederhana

bismillah
note for my self
Mendapatkan perut yang langsing dan kencang tidak semudah membalik telapak tangan. Diperlukan latihan dengan gerakan-gerakan tertentu untuk membentuk otot ini.

Latihan untuk membentuk otot perut tidak hanya dengan crunches atau push ups saja. Ada banyak variasi latihan lainnya agar perut terlihat lebih seksi.

Variasi latihan untuk otot perut bertujuan untuk memaksimalkan latihan Anda, melatih seluruh bagian otot yang terdapat di perut dan untuk menjauhkan diri dari kebosanan melakukan variasi yang itu-itu saja. Berikut ini beberapa variasi latihan untuk otot perut yang bisa Anda praktikkan:

Reverse Crunches

Jika latihan crunches biasa dilakukan dengan mengangkat tubuh bagian atas ke arah perut, reverse crunches justru mengangkat tubuh bagian bawah ke arah perut. Cara melakukan reverse crunches yang benar adalah dengan tidur terlentang, letakkan tangan dibagian samping perut untuk menahan tubuh bagian belakang. Angkatlah kedua lutut mengarah ke dada, kemudian turunkan lagi. namun jangan sampai kaki Anda menyentuh lantai, kemudian lakukan pengulangan (repetisi). Lakukan latihan ini dalam tiga set dengan 10 pengulangan (repetisi) disetiap setnya.

Bila Anda sudah cukup mahir melakukan reverse crunches, maka Anda bisa melakukan variasi reverse crunches yang lebih berat lagi. Caranya adalah dengan tidur terlentang seperti posisi awal reverse crunches umumnya, kemudian angkat kedua kaki lurus ke udara hingga tubuh Anda membentuk sudut 90 derajat atau seperti jarum jam yang menunjukkan pukul 3. Turunkan kedua kaki Anda keposisi semula, tetapi tidak sampai menyentuh lantai dan lakukan pengulangan dengan mengangkat kedua kaki Anda lagi.

Latihan reverse crunches ini sangat baik untuk melatih otot perut bagian bawah. Biasanya bada lebih banyak lemak yang terdapat di perut bagian bawah daripada perut atas.

Rockette Moves
Memulai latihan ini dengan tidur terlentang dan kedua telapak tangan berada di belakang kepala. Angkat kedua kaki Anda ke atas hingga tegak lurus dengan lantai. Angkat kepala serta bahu ke arah perut dan serongkan ke kiri. Turunkan kaki kiri pada saat yang bersamaan. Kemudian turunkan bahu dan kepala ke posisi semula serta kaki kiri kembali ke atas.

Lakukan hal yang sama dengan kaki kanan. Cobalah untuk melakukan ini dalam 20 hingga 40 pengulangan dalam satu set dan Anda akan menciutkan lebar perut.

Belly Rolls
Cara melakukan latihan ini dengan duduk tegak lurus dengan lantai dan tekuk lutut Anda. Buang nafas dan mundurkan tubuh bagian atas hingga punggung bagian bawah menyentuh lantai, tetapi jangan sampai punggung bagian atas menyentuh lantai. Saat Anda mundur, luruskan tangan hingga sejajar dengan lantai untuk menjaga keseimbangan.

Tarik nafas dan kembalikan tubuh bagian atas hingga tegak lurus dengan lantai. Lakukan pengulangan hingga 15 kali untuk setiap setnya. Dibutuhkan 3 set untuk membentuk otot perut vertikal Anda.

Tummy Curls
Latihan ini untuk melatih otot perut horizontal. Untuk melakukan tummy curls, tidur terlentang dengan menekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat. Tarik nafas sambil mengangkat kaki Anda melewati lutut secara perlahan. Buang nafas dan angkat bokong Anda ke arah dada hingga tubuh bertumpu pada bahu. Tarik nafas lagi dan turunkan sedikit tubuh Anda hingga tulang belakang dan ujung kaki berhadapan dengan wajah Anda. Kemudian ulangi gerakan ini dari mengankat bokong ke arah dada.

Selama melakukan tummy curls, jangan sampai bokong Anda menyentuh lantai. Agar mendapat keseimbangan lebih, letakkan kedua tangan di samping bokong untuk membantu punggung menahan beban. Lakukan latihan ini dalam 3 set dengan 20 repetisi di setiap setnya.

Bicycle Exercise
Cara melakukan latihan ini dengan tidur terlentang dan meletakkan kedua telapak tangan Anda di belakang kepala. Angkat sedikit kepala dan dada ke atas. Kemudian tekuk kedua lutut dan angkat paha ke arah perut, pastikan betis sejajar dengan lantai. Turunkan kaki kanan tetapi jangan sampai menyentuh lantai. Tekuk kembali lutut kanan hingga ke posisi semula kemudian bergantian turunkan kaki kiri seolah Anda sedang mengayuh sepeda. Lakukan latihan ini dalam tiga set sebanyak 10 pengulangan disetiap setnya. Latihan bicycle exercise ini baik untuk melatih otot perut bagian bawah maupun bagian atas.

Marine Crunches
Cara melakukan latihan ini dengan tidur terlentang dan kedua kaki beserta tangan tegak lurus dengan lantai. Angkat tubuh bagian atas agar tangan Anda meraih ujung kaki. Lakukan latihan ini dalam 3 set dengan 10 pengulangan di setiap setnya. Latihan ini baik untuk melatih otot perut Anda.

sumber :
wassalam
Categories: daily life, do you know | Tags: , , , , , , , , , , , | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Kempiskan Perut Dengan Latihan Sederhana

  1. hihi, kok note for myself?

    jangan cuma dikopas dong, yang udah dipraktekin diceritain gimana rasanya? kira2 ngaruh atau gak..

  2. viku41

    he..he..he..

    buat yang ga biasa, perutnya kaya ditusuk2…ototnya pada kaku euy…

    perlu pemanasan & pendinginan…
    tapi efeknya kerasa sih…

  3. Ternyata di perut bawah ya. Pantesan…

    Yg atas masih six packšŸ˜Ž , yang bawah mulai mblendungšŸ˜†.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: