Persiapan pernikahan (part 1)

bismillah..

Dah hampir setahun ya..semenjak hari ituh😀 one of the happiest moment in my life so far

Dari semenjak selesai resepsi, pengen nulis tentang persiapan resepsi ini, mumpung masih inget & karena memory saiyah terbatas..so here it comes😀

Untuk persiapan ini, saiyah bikin list printilan apa aja yang perlu disiapkan. Kebetulan di rumah ada kalender tembok gede, yang isinya cuma angka trus di sebelahnya ada bagian buat bikin notes,biasanya kalendernya warna merah, kertasnya putih…kebayang kan..kebayang??Jadi tiap minggu itu saiya buat to-do-list apa aja yang harus dikerjakan, harus ke mana, apa yang udah selesai…dll jadi semuanya tercatat. Browsing jadi temen terbaik😀, mulai dari liat2 suvenir,catering,penjahit,undangan,box undangan dan tanda panitia. Alhamdulillah semuanya bisa terlaksana dengan baik. Fyi, saiya ga pake EO lho ;P karena kayanya kurang puas(dan kurang percaya dan sepertinya mahal) kalo semuanya dihandle sama orang lain, wong ini acara saiya. Jadi saiya harus make sure semuanya sesuai sama yang saiya inginkan (karena sempurna hanya milik Allah SWT).

Tema nya : biru-nasional-modern-syariah ehehehe.

Saiya suka warna biru,waktu resepsi ga mau pake kebaya (makanya ada acara adat, biar para tetua puas, dimana saiya pakai kebaya),pake jilbab kreasi tapi ga mau ada punuknya (looks like an alien to me), ga mau yang namanya paes2an (baik buat adat maupun resepsi), dekor nya pakai gebyok & harus ada air2nya, harus pakai bunga yang melimpah baik buat di pelaminan maupun dekor2 lainnya…

Post ini terurut dari apa yang mulai saiya kerjakan ya…

1. Tanggal
Untuk urusan pertanggalan, keluarga saiyah kurang begitu ngarti masalah primbon, tanggal bagus-jelek, dsb…jadi akhirnya diputuskan untuk nerima aja dari keluarga si mas. Karena mbah nya bisa ngitung2 begituan. Awalnya rencana resepsi bulan Juli, sebelum puasa. Tapi karena terlalu mepet sama acara resepsi unduh mantu kakak nya si mas, akhirnya diputuskan untuk mengundurnya sampai setelah puasa. Ndilalah ko’ si mbah tau aja, saiya suka what so called tanggal cantik (secantik saiya😛 ). Tanggal ini dikasih ke keluarga saiyah kira2 10-11 bulanan sebelum hari itu.

2. Gedung
Setelah dapet tanggal, mulai dong nyari2 gedung buat resepsi. Untuk satu hal ini, jangan pernah dianggap remeh, terutaman buat yang mau resepsi di gedung. Untuk tanggal2 cantik, jangan harap bahkan dari setaon sebelumnya bisa dapet booking. Dan itu kejadian sama saiya😦. Awalnya ngincer di Puri Ardhya Garini, yang di jalan Protokol Halim Perdana Kusuma itu lho..Karena sering lewat situh, bahkan sebelum saiya punya calon suami pun tiap lewat gedung itu sang Ibu selalu bilang “ntar kalo resepsi di situ aja ya…” dan saiyah pun meng-amini😀 (seinget saiya sih bahkan dari SMA udah didoktrin kalo resepsi nanti di situ aja). Sapa yang ga pengen resepsion di gedung itu. Kesannya glamor, muat banyak, parkiran luas (penting nih, kadang ada gedung bagus tp parkirannya suwempit bener) dsb, dsb… (dan ternyata sewa nya ga mahal ko’,apa karena orang dalem ya)

Taaffiii….bahkan dari 10 bulan sebelumnya gedung itu penuh (ya karena faktor tanggal cantik juga kali ya), fully booked siang-malam😦. Alhamdulillah, ambil aja hikmahnya. Akhirnya buru2 melipir ke tetangganya, di Griya Ardhya Garini. Gapapa lah ya..ga jauh beda ~menghibur diri sendiri. Alhamdulillah di Griya masih available siang-malam.

Gedung :

Image
Rencananya resepsi siang hari, biar cepet kelar trus malemnya bisa….ehehehe(buka2 kado maksudnya dah pada piktor aja padaan). Tapi setelah dipikir2, pagi itu ada akad & acara adat/panggih. Kalo misalnya ambil resepsi siang, nanti takut akad & acara adatnya buru2. Apalagi tau sendiri kan kalo misalnya pak penghulu itu kadang/sering suka telat😀. Dan yang paling penting, saiya harus ganti baju 3 kali. Jadi dipilihlah untuk booking yang malem saja.

Untuk pergedungan, ini ngaruh sama catering lho. Jadi semakin bagus gedungnya, semakin mahal pula per porsi makanannya meskipun dari catering yang sama untuk menu yang sama (tuh kan, alhamdulillah..jadi bisa cut budget di catering). Cek juga fasilitas gedung itu. Ada toiletnya, dapet kursi berapa, sound system, parkiran, keamanannya bagaimana. Ga mau kan, kalo parkirannya itu parkiran ga resmi, yang ada malah bikin tamu ga nyaman. Cek juga rekanan gedung itu sapa aja. Mulai dari rekanan catering, sound system sampe dekor. Kalo pilih yang bukan rekanan, nanti kena charge juga lho..

Jangan lupa, cari gedung yang ga jauh2 dari rumah. Biar ga cape duluan kalo kena macet. Wong resepsi aja belum, dah esmosi jiwa. Kan ga enak dan ga cakep waktu dipoto(bagian terpenting adalah poto mempoto). Terus, kalau bisa, cari gedung yang 1 lantai aja. Yaitu, akses nya ga pakai tangga. Kesian kalo liat nenek2 kakek2 naek turun tangga …

Dalem gedung :

Image

griya ardhya garini

Setelah hari h, ternyata Allah memang selalu tahu apa yang terbaik buat kita. Jadi ya, pada hari ituh, pas musim hujan. Sore2 sih belum hujan. Abis magrib, hujan derres se deres2nya, plus di tambah lingkungan situ mati lampuu :((. Tapi karena gedung pasti punya genset, jadi ga ngaruh ya mo mati lampu kaya gimana. Yang jadi masalah adalah, tamu2 saiyah ya orang2 sekomplek itu yang lagi pada mati lampu. Udah ujan deress, mati lampu pulak (katanya ya..wong saiya di gedung ga ngerasa apa2). Jadi beberapa tamu yang mungkin rencananya berangkat di atas jam 7, kayanya pada meng-cancel(apapula itu meng-cancel..mengurungkan niat lebih tepatnya) buat kondangan. Lah terus ga ada tamu dong??Ya Alhamdulillahnya banyak😀. Yang berangkat sebelum jam 7an ternyata banyak(pasti pada pengen liat saiya pake make up :)) ). Pas tamu2 udah masuk gedung, langsung ujan deresss. Kejadian lainnya adalah, di sekitar gedung saiya itu ada beberapa gedung pengantenan lainnya yang pada saat itu juga ada acara. Instead of belok ke gedung saiya, yang lokasinya emang agak belakangan, beberapa tamu mbelok ke kawinan orang lain & ada yg angpaunya dah dimasukin pulak (sabar ya mas..nanti dapet gantinya ko’ yang lebih gede dari saweran temen2 kamu yang salah masukin amplop). Coba kalo misalnya jadi di Puri, takutnya gedung segede gitu tp tamu nya yang dateng dikit, jadi kesannya sepi…

3. Baju pengantin
Beberapa orang mungkin berpikir, wong cuman dipake sekali aja, mending nyewa daripada beli mahal. End guess what?ternyata pas saiyah browsing2 cek sewa baju ngantenan, ko’ ya mahal amaatt…rugi banget kalo dah bayar segitu, trus dibalikin pulak, apalagi yang namanya sewa perdana..hhh..mending cape dikit(banyak ding) cari penjahit saja lah. Cari2 info sana sini,browsing sini sana, akhirnya dapet rekomendasi buat bikin di Bara. Bara ini terkenal bagus jahitannya dan ternyata, harganya ga mahal (dan cenderung murah menurut saiya :D) alhamdulillah banget d. Pelayanannya juga bagus, cuman namanya penjahit ya…harus sering ditelponin buat ngingetin jahitan kita dah kelar belum.

Butiknya Bara itu deket banget sama Terminal Rawamangun. Jadi kalo dari arah Arion, pas sebelum Terminal Rawamangun ada jalan belok kiri, belok kesitu trus kira2 20 meter. Setelah jalan belok kiri, kira2 10 meter lah di situ butiknya. Sebelum Indomaret di kiri jalan. Kalo kelewatan ya tanya aja.

Image

peta bara rawamangun

Peta, yg ada bintangnya :

Awal pertama kali dateng jam 9 pagi masih sepi. Tanya2 sama mbak2 yang jaga di situ. Ditanyain udah bikin janji ato belum. Lha wong baru pertama kali ya jadi belumlah, ga tau juga harus ngapain. Tapi ama mbak2nya akhirnya boleh juga ketemu sama Bara(karena kita udah dateng pertama, jadi ya, meskipun udah booking kalo dateng nya belakangan ya tetep diduluin yang dateng duluan, fair enough kan). Nunggu Bara sampe jam 11an, penjahitnya masih muda & ga melambai, biasa aja, ga kecewe2an😛. Waktu itu saiya udah punya gambar, mau bikin baju kaya gimana. Tinggal kasih gambar nya, ini buat resepsi, ini buat akad. Trus sama Bara dicoret2, mana yang bagus buat saya mana yang nggak😐. Dikasih tau juga untuk model ini, pakai bahan apa, beli nya dimana, dll..

Model acuan saiya :
– akad : http://www.payetgaunpesta.com/2010/07/kebaya-pengantin-muslim-dengan-mini.html

Image

– resepsi : http://pernikahanqu.blogspot.com/2008/06/kebaya-pengantin.html

Image
Buat konsultasi di Bara itu ga bayar lho…*sorak sorai. Itu yang suka dimanfaatin sama orang2. Jadi ada orang yang udah minta desainin baju, desainnya dibawa, tp ga dijahitin ke Bara😦. Makanya kadang suka desainnya itu ditinggal, kalo mau cari bahan, kita dikasih catatan bahannya apa aja butuhnya berapa meter.

Jadi, saiyah jahit 2 baju untuk akad & resepsi karena ternyata dari paket perias dapet sewa 1 baju kebaya(yang akhirnya dipakai buat panggih). Untuk jahit 2 baju itu, plus baju untuk ibu saiya, perlu waktu kurang lebih 5 bulan. Saiya mulai ke Bara bulan Februari, bilang bajunya mau dipakai untuk bulan Juli😀. Kenapa, karena bulan Agustus itu puasa-ga mungkin fitting, bulan September itu terlalu mepet, gimana kalo bajunya belum jadi😦 ga jadi putu-putu dong. Alhamdulillah kelar tepat waktu😀

Jangan lupa, kalo bikin baju jangan pas banget badan. Sisain 2cm an lah, incase pas fitting awal sama pas mau dipake ada perubahan ukuran badan. Kalo di Bara, garansi ngerombak baju itu gretong…

Oiya, tips nih ya..jadi, abis dari penjahit, itu baju ga usah dicuci..takutnya abis dicuci menciut lah jadi berabe *_*

Hasil akhirnya :

Image

kebaya resepsi

Image

Udah dulu yah…nanti lanjut lagi d..

Berarti yang belum :
– catering (ga ada catering ga makan2, pakai Sawargi (bukan Puspita ya) )
– souvenir (sebagian dari Griya Ageng, sebagian nyari sendiri😦 nanti saiya ceritain d masalah sama GA itu apa)
– kertas undangan (digital printing, di Buring, Margonda)
– box undangan (pakai Souvenia)
– MC (sapa ya namanya…lupa saiya, yang ngurusin Bapak soale, katanya sih terkenal, harus booking min 1th sbelumnya)
– tukang foto (pakai Wisdom)
– make up (pakai Miarosa, tadinya mau pake Roemah Penganten tp service nya kurang bagus di awal)
– printilan kepanitiaan (tanda panitia,kebaya & kain buat panitia wanita,batik buat panitia pria, kemeja & dasi buat panitia pria)
– kursi sama tenda di rumah waktu akad & panggih itu Bapak yang ngurusin😀 terima beres (bagi2 tugas lah..wong waktu itu cuman ber 3)

wassalam

Categories: daily life | Tags: , , , , , , | 10 Comments

Post navigation

10 thoughts on “Persiapan pernikahan (part 1)

  1. dewi

    haii, salam kenal..

    mau tnua doong,kamu jahit di bara abs brp utk kebaya akad dan respsinya? hasilnya bagus ya,kuliat sekilas mirip dgn contoh yg kmu mau. cantik kebayanya. aku jg lg cari2 penjahit nih, please share yaah, thankyou.🙂

    • mala

      mm…klo ga salah abis 5jt an..itu udah termasuk sm baju kebaya ibu, sama bustier nya juga
      tapi tergantung tingkat kerumitan sama banyaknya payet yang dimau sih😀

      sukses ya persiapannya😀

  2. fiedha

    Mbak vidya, kbetulan aq pk GAG jg untuk resepsi aq. Klo dr pengalaman mbak vidya, ada hal2 yg prlu dipersiapkan gak utk jaga2? Atau ada mslh gk dg gdg n fasilitasnya? Yg aq sng dr GAG ac nya central jd kyknya gk prlu khwtr gk dingin atau gk rata dinginnya. mhn infonya mbak. trims

    • mala

      umm…mendingan tamu nya masuk nya dari samping, bukan dari tengah, klo dari tengah terlalu pendek & jalannya jadi sempit.. jadi klo kemaren saya panggung yang udah ada itu dipake buat wedding singer, trus pelaminannya jadi di sisi sebelah kiri

      kalo ac kemaren perasaan sih dingin2 aja ya di pelaminan😀
      kurang tau yang di tamu2nya gimana
      dekor & vendor yang penting harus pinter2 ngukur meja2 gubukan sm prasmanan, karena space nya rada sempit, tapi tergantung jumlah tamu2 juga sih

  3. Fiedha

    iya aq rencananya juga pelaminan pindah, pintu masuk dr samping, panggung permanen dijadiin tempat entertainment, trus pintu utama dijadiin ruang VIP. Sampe sekarang yang belum aq liat ruang riasnya pengantin. pertama kali dateng pintu ruang rias udah dikunci, trus kedua kali pas ada event.😦

  4. tias

    OVER DP CAWANG KENCANA 3 MEI 2014 SIANG
    untuk capeng yang minat, aku udah DP 3 dr total 9.500.000 juta , mau aku lepas aja…pindah tanggal juga bs

    Pm 085710814424/ 08561704474
    email suliestias.askes@gmail.com

  5. Info Vendor Catering Bagus Murah Klik Disini

  6. Nyambung nih infonya, kalo mau tau tentang baju kebaya lainnya kunjungi aja kami ya disini http://goo.gl/V4Tz0m

  7. Makasih infonya mbak.. http://goo.gl/V4Tz0m

  8. Galuh

    Mbak, bajunya yang putih ada fotonya yang lebih detil, nggak? Atau kalau masih ada bajunya, tolong difotoin..

    Lucu banget.. aq mau pake model itu buat akad aku… boleh yaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: